Peluang Usaha Pre Wedding Photo

Apakah event Pre Wedding bisa dijadikan sebuah peluang usaha ? apakah bisa dilakukan bagi seseorang yang awalnya tidak bisa sama sekali dibidang photography ? Jawabannya InsyaAllah BISA !. Dalam artikel peluang usaha kali ini, saya akan mencoba mengulas mengenai sebuah peluang bisnis dibidang photography khususnya photo pre wedding. Sebelumnya saya anggap anda sudah tahu apa itu pre weeding, jadi tidak akan saya jelaskan lebih detail mengenai hal tersebut. Tapi pada prinsipnya bahwa pre wedding merupkan sebuah acara yang saya perkirakan akan selalu ada dan tidak akan berhenti, karena berkaitan dengan acara menjelang pernikahan seseorang. Lalu kenapa tidak menangkap peluang usaha di weddingnya saja? yah itu nanti bisa kita bahas lagi, tapi pad aartikel kali ini saya akan fokus ke peluang usaha pre weddingnya saja.


Peluang usaha ini seakan tidak akan berhenti karena diera modern kali ini biasanya pasangan yang menjelang melakukan acara pernikahan (wedding) mereka akan melakukan sesi photo-photo menjelang pernikahan (pre wedding) nah hal ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang cukup bagus apabila anda bisa mensiasatinya.


Lalu bagaimana kalau kita tidak tahu sama sekali dibidang photography ? perangkat apa saja yang diperlukan? dan berapa keuntungan yang akan kita dapat ?. Semua pertanyaan seperti itu memang akan hadir di benak kita semua ketika kita akan mengambil peluang usaha ini, namun sebelum itu saya akan cerita sedikit mengenai pertemuan saya dengan kawan lama saya sewaktu sekolah dulu. Begini ceritanya… pada suatu ketika jiahh .. hehehe ..


Ketika saya bertemu dengan kawan lama saya, dia dulu hobinya memang dibidang musik dan juga utak atik komputer, berawal dia membeli sebuah kamera seharga 5 atau 6 juta saya lupa harga pastinya, dan jeprat jepret sana sini sekedar hanya untuk koleksi pribadi dan ditampilkan di Facebook atau Flickr, lama-lama seperinya dia bisa menaangkap peluang usaha dibidang photography, saya tidak tahu pasti kenapa dia bisa terjun dan menangkap peluang usaha photo pre wedding, mungkin karena tempatnya di kampung hehee..  (tapi dekat kota, soalnya masih di area Jogjakarta) tapi dia akhirnya bisa mendapat order biasanya sebulan bisa 2-5 kali. Cukup lumayan juga ternyata hasilnya sekali sesi photo (biasanya 1-2 hari melihat cuaca daerah setempat, mengingat pre wedding biasanya dilakukan di outdoor) bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


Dari sedikit cerita dari kawan saya tersebut sebenarnya yang menjadi point pentingnya bahwa dia sama sekali tidak mengetahui mengenai ilmu photography, tapi dengan bermodal nekat dan beli camera yang cukup untuk jeprat-jepret maka  dia bisa memanfaatkan peluang usaha photography tersebut, jelas awalnya dari nol (tidak paham mengenai ilmu photography). Jadi peluang usaha pre wedding photography ini bisa anda lakukan juga jika anda mempunyai minat dan hobi jeprat sana sini. Tidak ada salahnya jika memanfaatkan peluang usaha di sela-sela hobi yang digeluti.


Ohya satu lagi, bagaimana kawan saya tersebut mendapat order ? ternyata dia kerjasama dengan salah satu orang yang bertindak sebagai marketing di salah satu daerah di Jogjakarta. Hal ini bisa anda lakukan juga apabila anda memang berniat mengambil peluang usaha ini. Strategi marketing bisa anda eksplorasi sesuka anda, yang terpenting anda sudah berani mencoba peluang usaha dibidang ini.


Mungkin sedikit saja cerita mengenai peluang usaha di bidang photography pre wedding, semoga bisa menjadi sebuah inspirasi buat kita semua. Mohon maaf jika tidak secara detail mengulasnya, tapi point yang ingin saya sampaikan adalah event pre wedding bisa menjadi sebuah peluang usaha yang seakan tidak ada matinya, karena diperkirakan akan selalu ada. Dan point satu lagi bahawa walaupun anda mulai dari nol, insyaAllah anda akan bisa jika menjalaninya dengan senang dan mantab :) contohnya teman saya sendiri. Salam