Peluang Usaha Kedai Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman favorit sekarang ini, baik bagi mahasiswa pelajar maupun pekerja dan dari semua kalangan tersebut saat ini banyak yang sudah menyukai yang namanya kopi. Minum kopi saat ini bukan saja sekedar menikmati sebuah minuman  namun sudah menjadi bagian dari lifestyle, menemani nongkrong dan meeting dengan klien atau menghilangkan penat di tengah rutinitas kerja sehari hari. Banyk yang dulunya tidak hobi minum kopi tapi sekarang sudah banyak yang mencoba mencicipi dan itu tadi sebagai teman rutinitas diuar jam kerja atau sekolah/ kuliah.


Jika melihat fenomena seperti ini maka sebenarnya sebuah peluang usaha sudah ada didepan mata, tinggal kita saja apakah bisa memanfaatkan dengan maksimal peluang usaha ini atau tidak. Di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya Bandung, Jogja, Semarang Bali dan Solo mungkin bisa menjadi salah satu tempat yang bisa dinilai mulai   maraknta bisnis kedai kopi ini. Peluang usaha yang sudah dimanfaatkan banyak orang ini memang seakan tidak ada matinya dan semakin berkembang. Bahkan ada yang rela  memanfaatkan peluang usaha ini dengan mengambil franchise yang nilainya lumayan besar diatas 100jt wow.. luar biasa..  dari situ bisa kita lihat bahwa usaha bisnis kedai kopi ini menjadi salah satu usaha favorit di beberapa kota di Indonesia.
Berbagai jenis kopi yang ada dipasaran sebaiknya anda manfaatkan sebaik baiknya jika ingin membuka peluang usaha kedai kopi. Jangan khawatir anda akan kehabisan resep dan kalah bersaing dengan kompetitor, ingat bahwa minum kopi bukan sekedar menikmati rasa, namun suasana ruangan, dan kenyamanan menikmati kopi sambil ngobrol dengan relasi menjadi bagian terpenting dalam mengelola peluang usaha ini. Pastikan pengunjung betah dan bertahan lama di kedai anda, dan akhirnya suatu saat nanti akan kembali lagi.
Lalu bagaimana memulai peluang usaha ini ? sebaiknya memang anda trial and eror beberapa resep kopi yang sudah ada dipasaran, sangat banyak sekali resep resep kopi baik tradisional maupun modern sudah tersebar di Internet. Pastikan anda sudah mencoba beberapa resep yang ada tersebut. Hal ini menjadi dasar jika anda akan berbisnis kedai kopi, setidaknya anda bisa mencicipi beberapa resep kopi yang berbeda. Silahakan cari resep di internet, atau buku di toko buku. Dan usahakan minimal 10 jenis rasa kopi yang harus ada di kedai anda di awal awal nanti dan silahkan selalu kembangkan resep tersebut. Tempat yang nyaman dan aman menjadi faktor penting yang harus anda pertimbangkan juga dalam hal ini. Beri koneksi internet gratis di area kedai kopi anda supaya keperluan meeting dan juga internet konsumen anda terpenuhi.


Anda harus tetap konsentrasi dan jangan takut rugi di awal 3 bulan  pertama, karena ini saat saat anda mencari  pelanggan. pastikan kedai anda nyaman dan lokasinyapun terletak di daerah dekat kampus atau kantor yang mudah diakses kalangan pelajar mahasiswa dan juga pekerja. Teringat teman saya yang pernah membuka kedai kopi, karena kurang konsentrasi dan kesabaran baru seminggu sudah tutup hehehe .. jangan ditiru ya.


Peluang usaha ini saya rasa cukup unik dan menarik dan pautu anda kembangkan bisnisnya. semoga sedikit cerita mengenai peluang usha kedai kopi ini bisa menjadi referensi anda dalam membuka usaha bisnis kedepannya.


Post a Comment