Peluang Usaha Jual Bakso Mie Ayam Unik

Peluang usaha jualan bakso atau mie ayam sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jenis kuliner yang sudah merakyat dari kalangan konglomerat hingga rayat kecil ini jika disadari merupakan prospek usaha bisnis yang sangat bagus dan lumayan menguntungkan. Namun kadang tidak semua orang menyadari hal tersebut. Ada juga yang malu untuk melakukannya, ada pula yang menaggagp jualan bakso dan mie ayam untungnya sedikit, anggapan seperti ini saya rasa masih ada di sebagian orang.

Namun okelah, mari kita bahas hal positif yang bisa dimanfaatkan dari peluang usaha jualan bakso dan mie ayam yang akan saya ulas walaupun tidak detail. Bagaimana strategi kita supaya dagangan kita bisa terjual lebih bagus, bagaimana menjaring pelanggan sehingga akan selalu mendatangkan repeat order untuk usaha bisnis anda tersebut dan tentunya bagaimana bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Saya mengambil judul “Peluang Usaha Jual Bakso Mie Ayam Unik” sebenarnya apanya yang unik ? sebenarnya tidak ada yang unik, judul itu saya buat supaya anda membaca lebih dalam lagi, karena dikhawatirkan ketika mendengar peluang usaha jual bakso dan mie ayam maka Anda sudah males baca hehe… Tapi sebenarnya bisa kita tambahkan sedikit stratgei supaya kita terlihat berbeda dengan penjual bakso lainnya.

Jika ingin memanfaatkan peluang usaha ini dengan serius maka perencanaan Anda juga harus bagus dan matang, jangan terburu-buru. Jenis peluang usaha jual bakso dan mie ayam disini saya tujukan untuk bakso yang mempunyai tempat khusus bukan bakso dorongan, karena akan banyak strategi yang bisa dilakukan pada warung bakso menetap daripada yang berjalan (dorongan).

Lalu bagaimana jika anda belum pernah sama sekali membuat yang namanya bakso atau mie ayam ? ga masalah, orang yang sudah sukses jualan bakso dan sekarang menjadi kaya, mereka pertama kali juga pasti tidak bisa membuat bakso atau mie ayam tersebut, pasti dengan belajar. Nah anda bisa kursus atau melakukan eksperimen dengan resep-resep yang ada di buku atau di internet, sangat banyak resep bakso atau mie ayam yang diulas disana silahkan mencarinya.

Setelah cukup dan dirasa sudah enak resep bakso dan mie ayam yang anda buat, maka peluang usaha ini terasa kurang maknyus jika strategi pemasarannya kurang kreatif, ada sedikit saran untuk membuat peluang usaha ini lebih kreatif dan beda dengan lainnya :


1. Piihlah tempat yang strategis, usahakan didaerah area kampus, atau daerah yang disitu banyak dilalui pekerja namun bukan daerah jalan besar utama (yang dilalui bus,truk, karena kebisingan suara akan menganggu pembeli dan mereka akan enggan untuk mampir lagi). Oleh karena itu peluang usaha ini terasa lebih oke jika tempatnya walau dijalur utama usahakan jalur utama kendaraan pribadi dan kendaraan bermotor serta pejalan kaki. Surveylah tempat-tempat ini.

2. Bikin tulisan spanduk yang mudah dilihat, kalo perlu bikin neon box dengan merek brand ciptaan Anda sendiri yang mudah diingat banyak orang, jangan terlalu panjang namanya. Jangan lupa memberi tagline dibawah nama brand anda, misal “Makan Bakso disini dijamin kenyang, dengan catatan anda nambah 2 mangkok lagi ” hahaha.. (hanya bercanda boss .. ), intinya bikin tagline yang menarik serta mudah diingat banyak orang.

3. Sesekali biaya promosi juga harus anda alokasikan untuk bisa menjadikan peluang usaha ini lebih menarik dan beda dari lainnya, misal khusus di hari sabtu, beli bakso 2 gratis 1 es teh .. nah ini menjadi strategi yang cukup bagus dan tentunya beda dari pesaing anda, namun harus dihitung juga biaya subsisdi untuk ini, yang terpenting anda bisa mendapat pelanggan dan warung anda mudah diingat banyak orang karena tiap sabtu memberikan gratis es teh untuk pembelian bakso tersebut.

4. Sesekali Anda memberikan kejutan doorprize kepada konsumen Anda juga perlu dilakukan, misalnya untuk pembeli ke 30, maka akan gratis pulsa 10 ribu untuk handphone konsumen tersebut, khusus untuk hari jumat dan minggu atau bisa anda atur sendiri karena berkaitan dengan subsidi dan bujet marketing Anda nantinya.

Pada prinsipnya peluang usaha yang banyak saingan dan juga telah umum di kalangan masyarakat harus mempunyai nilai lebih dan beda serta terlihat unik dibanding pesaing – pesaing yang ada. Dan itu sebaiknya harus ada di setiap usaha yang akan Anda ambil nanti

Saya rasa artikel mengenai peluang usaha jual bakso mie ayam unik ini cukup bisa memberikan gambaran referensi buat Anda yang sedang mencari berbagai peluang usaha yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

sumber: http://niatusaha.com/