Skip to main content

Tips Wirausaha Sembako

Mengapa mesti sembako?  Perlu diketahui, bahwa sembako atau sembilan bahan pokok adalah usaha yang tidak pernah ada matinya.  Walaupun harga sembako naik, tetap akan di cari dan di beli, karena sembako wajib untuk di beli sebagai bahan pangan.

Produk sembako adalah produk yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Ini berarti ada kebutuhan atau ada pasarnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal ada atau tidak yang membutuhkan sembako. Yang menjadi soal adalah apakah packaging produk sembako yang Anda tawarkan cukup menarik atau tidak. Maksudnya produk tersebut bisa membuat orang tertarik untuk membeli. Produk yang di jual harus ‘berbeda’ kemasan, cara menjual, cara menawarkan.


Tips sukses membuka usaha sembako yang harus Anda perhatikan yaitu :

1. Hal penting dari apa yang saya alami adalah pemilihan lokasi.

Untuk membuka usaha penjualan sembako, anda harus memiliki tempat berjualan yang strategis.

Warung sembako ini cocok dijalani jika kita tinggal di pemukiman yang padat penduduk. Apalagi jika misalnya jalan di depan rumah kita/samping rumah kita banyak dilalui oleh para pemakai jalan.

2. Tidak perlu sedia banyak stok bahan baku, sedikit tetapi komplit toh sembari jalan juga nantinya akan semakin penuh.

Untuk awal-awal bahan pokok yang wajib anda beli adalah beras, gula, telor, minyak, sabun, tepung terigu, gula jawa, mie instan, dan makanan anak-anak.

Di warung sembako saya selalu menerapkan sistem buffer stock dari barang yang dijual yang artinya stock barang tidak perlu banyak yang penting barang lengkap.

Rumusnya Jumlah Penjualan/hari X 2.

Contohnya, penjualan rokok merk Y adalah 5 bungkus per hari. Maka Anda tidak perlu menyediakan stock sampai 20 bungkus, cukup 10 bungkus saja, karena jika stok terlalu banyak akan memakan modal usaha kita.

Lebih baik sisa modal usaha bisa diputar untuk berbelanja barang lain untuk melengkapi warung.

Untuk mendapatkan barang ada dua cara, membeli sendiri ke grosir dan ada juga barang yang diantar oleh distributor.

Untuk belanja ke grosir, dilakukan setiap hari, bahkan sehari bisa 2 kali jika keadaan warung sedang ramai. Untuk barang dari distributor biasanya mereka datang satu minggu sekali (rokok, minuman ringan, sabun dll), tetapi ada juga yang setiap 10 hari (air galon dll) dan 14 hari sekali (es krim, dll).

3. Berikan promosi ke tetangga anda, berikan harga murah untuk beberapa item barang, karena sekalipun misalnya anda memberikan murah, ketika mereka membeli tentunya juga akan membeli bahan pokok lainnya, sehingga perputaran modal anda akan cepat.

Bagaimana cara memilih barang dagangan yang laku dijual di warung sembako Anda?

Pilihlah barang dagangan yang banyak diminati yaitu beras, minyak, gula, teh, kopi, rokok, mie instan dan gas LPG. Anda tidak perlu membeli barang per macam dengan jumlah yang banyak, cukup beli 2-3 saja per macam.

Contohnya saja rokok, misalnya saja jumlah merk rokok ada 6 macam yang anda jual, anda hanya perlu membelinya 4 saja per macam, dan mungkin dapat anda lebihkan menjadi 5 atau 6 untuk rokok yang paling banyak diminati.

Anda harus selalu ramah kepada pembeli dan yang paling penting jangan mengambil untung yang terlalu tinggi karena konsumen sangat suka membanding-bandingkan harga barang dengan warung lain.

4. Berikan layanan lebih seperti mau mengantar barang yang dipesan, misalnya beras, minyak, gas 3 kg, dll

5. Di awal membuka usaha sembako yang penting omset anda bisa berputar dengan cepat, cari untung sedikit saja tapi tingkat penjualan bahan pokoknya banyak.

6. Jangan beli barang dari penjual pengecer, usahakan Anda bisa dapatkan dari pemasoknya langsung karena harga bisa lebih murah ketika anda beli dalam jumlah banyak

7. Setiap keuntungan diputar untuk penambahan barang-barang kebutuhan pokok di usaha sembako anda.




Comments

Popular posts from this blog

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias . Dalam hal pemasaran, tokoh wirausaha yang sukses ini tak hanya memasarkan produknya di Indonesia. Budidaya tanaman hias baik itu pengertian dan teknik budidaya tanaman hias hingga tokoh Misalnya pada budidaya tanaman hias bonsai yang membutuhkan pot berukuran besar untuk menunjang akarnya. Biografi Wirausahawan Sukses Dibidang Tanaman Hias - Sketsa (Mitchell Pope) Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras keuletan ketekunan dan niat yang besar dalam. Memilih jenis tanaman hias yang akan populer. Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Ade sukamakan di daerah sukabumi yang menjadi seorang pengusaha kaya di zimbabwe. Menjadi seorang wirausahawa

Peluang Usaha Di Kampung

Peluang Usaha Di Kampung . Namun untuk usaha jenis jasa tentu saja Anda harus memiliki keahlian atau Apa saja paling laris di kampung? Disebut begitu karena sebagian besar pemudanya menerjuni dunia blogger. (Peluang Usaha) Buka Stand di Kampung Ramadhan Malang Raya ... (Frederick Wood) Kampung ini terkenal dengan penghasilan blogger yang sangat fantastis. Itulah peluang usaha dengan modal kecil kecilan sederhana yang menjanjikan di desa atau kampung, ide wirausaha yang cocok dengan skala rumahan. Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Online. Biasanya di daerah desa atau kampung, mayoritas penduduknya menekuni pekerjaan sebagai peternak. Ada banyak sekali ragam peluang usaha yang bisa dilakukan di kampung, bisa usaha sembarang atau usaha tanpa mengeikuti berbagai hal di lingkungan, ada juga usaha yang didasarkan pada wilayah, misalkan pegunungan maka banyak yang. Peluang Usaha Di Kampung Modal Mobil Pick Up - UMKM Jogja

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia . Pengusaha Indonesia tidak kalah keren dari pebisnis luar negeri. Semoga kita juga bisa termotivasi untuk menyusul mereka dalam mengembangkan bisnis dengan kerja keras. 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia - Cermati (Martin Hudson) Mereka memulai usahanya dari nol, tapi bisa meraih kesuksesan. Perempuan yang satu ini merupakan pendiri dan Managing Director restoran Burgreens. Sehingga tiap keluarga di indonesia harus memutar keras otak agar kebutuhan keluarganya terpenuhi seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia pekerjaan saat ini, termasuk bidang wirausaha. Berikut akan ditampilkan beberapa wirausahawan sukses yang bisa jadi panutan dan patut dicontoh oleh kita semua. Ternyata, Maicih tidak hanya di Bandung dan sekitarnya, tapi juga seluruh Indonesia. Sukses Adalah,Sukses Area,Sukses Muda, Sukses Wirausaha ... 7 Wirausaha