Skip to main content

Usaha Makanan dan Minuman Terus Bertumbuh

JAKARTA—Sektor usaha makanan dan minuman diyakini tetap bertumbuh dan menjadi andalan industri pengolahan non migas, mengingat masih kuatnya permintaan pasar dalam negeri.Muhammad Taufiq, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengungkapkan dari sisi jumlah penduduk, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar.

Menurutnya, jumlah penduduk yang mencapai lebih dri 240 juta sekaligus menjadi peluang pasar yang sangat menjanjikan, kendati pelaku industri makanan dan minuman terus bertambah.Sesuai dengan data BPS pada 2012, jumlah penduduk Indonesia tercatat 245,19 juta jiwa dengan pertumbuhan rata-rata per tahun mencapai 1,66%.”Kondisi ini menggambarkan betapa besarnya potensi pasar Indonesia untuk berbagai produk, termasuk produk makanan dan minuman,” katanya kepada Bisnis, Kamis (3/10).

Itu sebabnya Kementerian Koperasi dan UKM yang tengah menyelenggarakan pameran koperasi dan UKM khusus makanan dan minuman di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan, berharap produk atau komoditas mereka ditingkatkan daya saingnya, terutama melalui perbaikan kemasan yang sesuai dengan karakter dan jenis produknya."Dan yang terpenting harus concern untuk mempertahankannya," ujarnya.

Menurut dia, pameran memiliki arti sangat penting sebagai ajang promosi dan penyebaran informasi berbagai produk makanan dan minuman, khususnya yang dihasilkan pelaku koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM)."Indonesia dipandang memiliki potensi pasar untuk produk makanan dan minuman terbesar di Asia Tenggara. Predikat itu telah menjadikan Indonesia sebagai target pasar yang menjanjikan dan diminati pemain global.”Untuk mengantisipasi dan membendung lonjakan masuknya produk-produk makanan dan minuman asing, KUKM harus mampu meningkatkan daya saing dengan menghasilkan produk berkualitas.

Sumber : depkop.go.id

Comments

Popular posts from this blog

5 M Wirausaha

5 M Wirausaha . Wirausaha dapat menampung tenaga kerja dan mengurangi pengangguran a. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh - Majalah Suara 'Aisyiyah (Tony Ray) Materi & Pendekatan Program : Strategy Project. Wirausaha atau wirausahawan adalah profesi yang diminati. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Ribuan gambar baru setiap hari Sepenuhnya Gratis untuk Digunakan Video dan gambar berkualitas tinggi dari Pexels. Mata Kuliah Kewirausahaan merupakan pelajaran yang membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuan mahasiswa mengenai seluk-beluk bisnis baik dari sisi soft skill. 1 - Kampung WIRAUSAHA ...

Peluang Usaha Hijab Online

Peluang Usaha Hijab Online . Buat Anda yang hobi dengan makanan, minuman, atau apapun yang berhubungan Ini bisa Anda jadikan peluang usaha online, terutama untuk kaum hawa. Kumpulan Peluang Usaha terbaru, terlaris, menguntungkan dengan modal kecil bahkan tanpa modal seperti usaha Rumahan, Online, makanan Peluang Usaha Rumahan - Anda ingin memulai sebuah peluang usaha namun kebingungan akan ide dan inspirasinya? Memoles Bisnis Hijab Makin Mengkilap (Nathan Carlson) Dengan jaminan kuat bahwa banyak bisnis di UAE yang. Lagi Nyari Peluang Usaha yang Menjanjikan? Kumpulan Peluang Usaha terbaru, terlaris, menguntungkan dengan modal kecil bahkan tanpa modal seperti usaha Rumahan, Online, makanan Peluang Usaha Rumahan - Anda ingin memulai sebuah peluang usaha namun kebingungan akan ide dan inspirasinya? Jika anda suka dunia marketing, maka kemungkinan besar anda bisa sukses jika mencoba menekuni usaha afiliasi Masih ada satu peluang usaha yang bisa dijalankan secara ...

Kisah Sukses Kripik Maicih

Dengan keterbatasan dana reza nurhilman membangun usaha , pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat promosi melalui dunia maya. Ia sangat jeli memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran.Reza nurhilman adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang sempat membuat heboh kawula muda kota kembang. Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih) Kreativitas dan inovasinya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu menaikkan derajat camilan tersebut menjadi makanan yang punya nilai jual lebih, dan menjadi produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional. Keberhasilan pria be...