Skip to main content

Tips Bersaing di Bisnis Fashion


KOMPAS.com - Dunia fashion baik nasional maupun internasional tidak bisa selalu diprediksi, karena nyatanya industri fashion juga tidak lepas dari pergolakan politik, sosial, bahkan teknologi. Maka, seorang fashion designer harus peka terhadap hal-hal lain di sekelilingnya, agar bisa bertahan dalam perubahan yang cepat dalam industri fashion.

Hal ini disampaikan Ardistia Dwiasri, desainer Indonesia yang sukses mendirikan brand "Ardistia New York" di Amerika Serikat. Disti, begitu sapaannya, membagikan rahasia bertahan dalam kompetisi di industri fashion dalam acara "A Day At Burgo" yang diadakan oleh sekolah fashion Instituto di Moda Burgo Indonesia (IMB Indonesia).

Disti mengatakan, tren di dunia fashion sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial, politik, dan teknologi. "Pengalaman saya di Amerika Serikat, saat terjadi tragedi 9/11 warga Amerika cenderung memilih warna-warna fashion yang muram. Setelah tragedi tersebut mereda, mereka semacam butuh suatu momen kebangkitan. Mereka menyukai warna-warna yang menunjukkan semangat baru, harapan baru. Nah, fashion designer harus peka terhadap fenomena seperti ini," jelas Disti, di kampus IMB Indonesia, Bellagio Mall, Jakarta, Sabtu (17/3/2012) lalu.

Pentingnya penelitian
Sebelum menyatakan berani terjun ke industri fashion, seorang fashion designer harus melakukan penelitian secara berkala. Jika belum sanggup membayar jasa penyedia survei, desainer bisa melakukan penelitian kecil-kecilan menyangkut hal-hal berikut:
1. Gaya hidup (bagaimana gaya hidup dari negara yang menjadi target konsumen)
2. Kebutuhan (mengikuti apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di industri fashion)
3. Target (desainer harus tahu target konsumennya, menyangkut usia, pekerjaan, atau hobi)
4. Shopping habbit (pelajari kebiasaan berbelanja dari masyarakat di negara yang dituju)
5. Spending habbit (seberapa besar target konsumen menghabiskan uang untuk berbelanja fashion. Ini penting untuk menentukan harga benda-benda fashion yang akan dijual)

Perluas wawasan
Disti termasuk desainer yang rajin membaca buku dan mengikuti perkembangan dunia di luar dunia fashion, melalui media seperti televisi, media cetak, dan online. Menurutnya, desainer yang memiliki wawasan luas mengenai hal-hal yang terjadi di sekitarnya akan lebih kuat untuk bertahan, dibandingkan dengan yang hanya mengetahui dunianya saja, yakni fashion.

Mengerti bisnis
Selain menguasai teknik dasar desain, perancang juga harus mengerti pengetahuan dasar tentang keuangan. "Fashion designer harus tahu tentang basic accounting, marketing, finance, sales, dan operation. Walaupun sanggup membayar orang lain untuk mengurusi itu semua, kalau fashion designer-nya juga mengerti, tentu komunikasi dengan orang keuangan akan lebih lancar," ungkap Disti.

Antisipasi kebosanan
Disti mengaku, rasa bosan bisa membuat fashion designer mengalami kebuntuan sehingga tidak mampu mendesain hal-hal yang baru. Disti juga pernah merasakannya, namun ia mengantisipasinya dengan kembali membaca dan mempelajari hal-hal baru.

"Misalnya mempelajari sejarah. Dari zaman Napoleon Bonaparte misalnya, saya bisa mendapat inspirasi untuk membuat desain yang bertema zaman Napoleon, atau hanya mengambil warna-warna yang tren di saat itu. Tetapi yang paling penting, lakukan hal-hal yang disukai dulu. Misalnya, supaya tidak bosan kita jalan-jalan. Ternyata, di jalan terinspirasi dengan pemandangan alam," tutup Disti.

sumber : Kompas.com

Comments

Popular posts from this blog

5 M Wirausaha

5 M Wirausaha . Wirausaha dapat menampung tenaga kerja dan mengurangi pengangguran a. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh - Majalah Suara 'Aisyiyah (Tony Ray) Materi & Pendekatan Program : Strategy Project. Wirausaha atau wirausahawan adalah profesi yang diminati. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Ribuan gambar baru setiap hari Sepenuhnya Gratis untuk Digunakan Video dan gambar berkualitas tinggi dari Pexels. Mata Kuliah Kewirausahaan merupakan pelajaran yang membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuan mahasiswa mengenai seluk-beluk bisnis baik dari sisi soft skill. 1 - Kampung WIRAUSAHA

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias . Dalam hal pemasaran, tokoh wirausaha yang sukses ini tak hanya memasarkan produknya di Indonesia. Budidaya tanaman hias baik itu pengertian dan teknik budidaya tanaman hias hingga tokoh Misalnya pada budidaya tanaman hias bonsai yang membutuhkan pot berukuran besar untuk menunjang akarnya. Biografi Wirausahawan Sukses Dibidang Tanaman Hias - Sketsa (Mitchell Pope) Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras keuletan ketekunan dan niat yang besar dalam. Memilih jenis tanaman hias yang akan populer. Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Ade sukamakan di daerah sukabumi yang menjadi seorang pengusaha kaya di zimbabwe. Menjadi seorang wirausahawa

7 Karakteristik Wirausaha Adalah

7 Karakteristik Wirausaha Adalah . Sebab dengan menjadi wirausaha, Anda harus mampu memimpin diri. Anda tentunya tidak ingin situasi seperti itu menimpa usaha yang sedang digarap, kan? Artikel Kewirausahaan - nisalaili (Alexander Gilbert) Dalam hal ini adalah pada bisnis yang dijalankan sebagai seorang wirausaha. Seorang wirausaha memiliki karakteristik pada masing-masing pribadinya. Sadar atau tidak, hal yang paling pertama muncul adalah "Bagaimana ia bisa meraih kesuksesan itu?". Gairah adalah karakteristik lain dari wirausaha. Salah satu karakteristik wirausaha adalah pernah keluar dari perguruan tinggi. (PDF) Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Kejadian Stunting ... Karakter Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Wirausahawan ... 7 Ciri-ciri Jaringan Komputer: Bedah Karakteristik Uniknya