Skip to main content

Peluang usaha budidaya kayu sengon terbaru

Peluang usaha budidaya kayu sengon terbaru

Suka menanam? Punya lahan? Kenapa tidak dimaksimalkan saja untuk menanam sengon? Pasalnya, Peluang usaha budidaya Sengon ini terbilang menjanjikan hasil yang lebih maksimal dalam jangka waktu yang pendek.

Ya, albasia atau yang biasa dikenal dengan sengon merupakan salah satu jenis pohon yang biasa digunakan untuk keperluan bangunan, keperluan untuk membuat furniture, atau semacam asesoris lainnya.

Usia penanaman sampai usia panennya juga terbilang singkat, namun harga jualnya cukup tinggi. Bisa dibayangkan, harga perlognya saat ini sekitar 800 ribu rupiah. Jika Anda berbisnis, tentu saja akan ada puluhan log sehingga nilai kali dari harga tersebut berlaku.

Intinya, peluang usaha budidaya Sengon ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan atau tabungan masa depan. Kenapa? Karena Anda perlu menunggu setidaknya 5 tahun kedepan untuk usia pemanenannya.

Oke, di sini mari coba perhatikan analisanya dan bagaimana cara menanamnya untuk mengetahui seberapa besar laba yang akan Anda peroleh setelah memutuskan untuk berbisnis sengon.

Analisa Keuntungan Budidaya Sengon

Seperti yang diketahui, Anda tinggal di atas lahan yang cocok sekali untuk menanam pepohonan. Pohon apapun bisa ditanam, tidak terkecuali dengan pohon sengon ini.

Pohon ini biasanya akan tumbuh lebat, dan cepat besar selama Anda melakukan perawatan seperti memupuk, memangkas cabang yang tidak diperlukan dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, Anda mungkin masih khawatir apakah budidaya ini bisa memberikan laba atau tidak. Untuk itu, analisa keuntungan ini ada untuk memberikan gambaran kecil, dan tentunya untuk menguatkan Anda untuk mendapatkan kesejahteraan di masa mendatang.

Modal pertama
Disumsikan Anda memiliki modal 1 juta rupiah, modal ini nantinya akan digunakan untuk membeli sejumlah bibit sengon. Dan diumpamakan harga 1 bibit adalah Rp.5000, maka Anda setidaknya bisa membeli 200 pohon.

Harga satu bibit ini bisa kurang atau bisa lebih, hal ini tergantung dimana Anda membeli bibitnya.

Pengeluaran / perawatan
Setelah Anda menanamnya di atas lahan yang dimiliki, kini saatnya Anda mulai berfikir untuk merawatnya. Hal ini ditujukan untuk menjaga harapan supaya Peluang usaha budidaya Sengon ini bisa menghasilkan laba lebih maksimal.

Perawatan ini meliputi pemupukan dan pemangkasan. Normalnya, Anda bisa memupuk pohon ini dua kali dalam setahun.

Estimasi harga pupuk Rp.150.000 untuk ½ kwintal, bisa digunakan untuk 200 pohon tadi selama 1 tahun. Bukankah terlalu sedikit?

Memang di awal pemupukan saat sengon ditanam, pemupukan yang berlebihan justru kurang baik sehingga Anda tidak disarankan untuk melakukannya.

Jika pohon tadi sudah lebih besar, Anda baru bisa menambah jumlah pupuknya supaya pembesarannya lebih cepat. Dan selama 5 tahun kedepan, setidaknya Anda akan mengeluarkan 6 kwintal saja, atau bisa lebih. Jadi, kira-kira biaya yang akan dikeluarkan untuk pemupukan ini adalah sebesar Rp.900.000.

Sementara untuk biaya lain-lain seperti pemangkasan dan pembersihan lahan, Anda bisa menyediakan ongkos sekitar 2 jutaan sehingga Anda cukup menyediakan total biaya pengeluaran sekitar 2,9 juta rupiah sebagai biaya perawatan saja.

Laba penjualan kayu sengon
Setelah 5 tahun berlalu, kini pohon sengon yang ditanam sudah siap untuk dipotong. Laba yang didapatkan dari pemanfaatan peluang usaha budidaya Sengon ini akan sangat besar.

Misalnya, 1 log kayu sengon saja dihargai 500 ribu rupiah (harga di bawah standar), ini berarti 200 pohon nantinya akan menjadi 100 juta rupiah.

Jika dihitung dari biaya pengeluaran dan permodalan jelas laba yang akan didapatkan sangatlah besar untuk jangka 5 tahun saja.

Betapa tidak, modal dengan biaya perawatan hanya sekitar 3,9 juta rupiah, namun hasilnya bisa sangat besar. Anda bisa menghitung berapa yang akan Anda peroleh.

Ilustrasi tersebut diambil untuk Anda yang memanfaatkan Peluang usaha budidaya Sengon, namun sudah memiliki lahan sendiri. Jika Anda belum memiliki, Anda bisa memperhitungkan harga sewa tanah selama 5 tahun ini, dan pastikan untuk mendapatkan harga yang lebih murah supaya keuntungannya lebih besar.

Cara Menanam Sengon Supaya Cepat Besar

Memanfaatkan peluang usaha budidaya Sengon yang berpotensi mensejahterakan ini jelas hal yang benar, karena di samping perawatannya tidak selalu, hasilnya juga akan lebih terlihat.

Untuk menanam sengon ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyeleksi benih atau bibit. Ingat, bibit yang baik nantinya akan lebih cepat pertumbuhannya. Jadi, pilihlah bibit yang benar-benar unggulan.

Selanjutnya, bersihkan tanah dari beberapa tanaman pengganggu. Kemudian lubangi tanah sekitar 30 cm sebagai tempat penanaman sengon.

Setelah selesai, tanam bibit sengon tadi dengan memisahkan plastiknya. Pastikan untuk berhati-hati, jangan sampai tanah yang di dalam plastik hancur. Kemudian tempatkan di dalam tanah yang sudah dilubangi.

Lakukan hal ini berulang-ulang untuk semua pohon sengon yang tersisa. Setelah itu, upayakan untuk menyiraminya supaya tanaman bisa lebih mudah beradaptasi dengan lahan barunya. Terakhir, rawatlah supaya pertumbuhan sengon ini lebih cepat sesuai dengan harapan.

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha budidaya Sengon di sekitar Anda. Jika Anda memang hobi menanam dan bisa merawat tanaman, ada baiknya jika saat ini Anda mulai melirik untuk membudidayakan sengon sebagai investasi masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

5 M Wirausaha

5 M Wirausaha . Wirausaha dapat menampung tenaga kerja dan mengurangi pengangguran a. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh - Majalah Suara 'Aisyiyah (Tony Ray) Materi & Pendekatan Program : Strategy Project. Wirausaha atau wirausahawan adalah profesi yang diminati. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Ribuan gambar baru setiap hari Sepenuhnya Gratis untuk Digunakan Video dan gambar berkualitas tinggi dari Pexels. Mata Kuliah Kewirausahaan merupakan pelajaran yang membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuan mahasiswa mengenai seluk-beluk bisnis baik dari sisi soft skill. 1 - Kampung WIRAUSAHA

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias . Dalam hal pemasaran, tokoh wirausaha yang sukses ini tak hanya memasarkan produknya di Indonesia. Budidaya tanaman hias baik itu pengertian dan teknik budidaya tanaman hias hingga tokoh Misalnya pada budidaya tanaman hias bonsai yang membutuhkan pot berukuran besar untuk menunjang akarnya. Biografi Wirausahawan Sukses Dibidang Tanaman Hias - Sketsa (Mitchell Pope) Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras keuletan ketekunan dan niat yang besar dalam. Memilih jenis tanaman hias yang akan populer. Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Ade sukamakan di daerah sukabumi yang menjadi seorang pengusaha kaya di zimbabwe. Menjadi seorang wirausahawa

7 Karakteristik Wirausaha Adalah

7 Karakteristik Wirausaha Adalah . Sebab dengan menjadi wirausaha, Anda harus mampu memimpin diri. Anda tentunya tidak ingin situasi seperti itu menimpa usaha yang sedang digarap, kan? Artikel Kewirausahaan - nisalaili (Alexander Gilbert) Dalam hal ini adalah pada bisnis yang dijalankan sebagai seorang wirausaha. Seorang wirausaha memiliki karakteristik pada masing-masing pribadinya. Sadar atau tidak, hal yang paling pertama muncul adalah "Bagaimana ia bisa meraih kesuksesan itu?". Gairah adalah karakteristik lain dari wirausaha. Salah satu karakteristik wirausaha adalah pernah keluar dari perguruan tinggi. (PDF) Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Kejadian Stunting ... Karakter Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Wirausahawan ... 7 Ciri-ciri Jaringan Komputer: Bedah Karakteristik Uniknya