Skip to main content

5 Kunci Sukses Seorang Jack Ma - Pendiri Alibaba Group

5 Kunci Sukses Seorang Jack Ma
Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pengusaha China yang lahir pada tahun 1964. Sebelum ia menjadi miliarder, ia pernah menjadi pengajar Bahasa Inggris di Hangzhou Electronics Technology College. Dalam perjalanan karirnya, Jack Ma pernah ditolak beberapa kali saat melamar pekerjaan, satu diantaranya ketika ia melamar di KFC. Dari 24 orang pelamar, hanya dirinya saja yang tidak lolos, sedangkan 23 orang lainnya berhasil menjadi karyawan restauran cepat saji tersebut.

Lelaki yang pernah dinobatkan sebagai "Young Global Leader" ini, kini telah memiliki toko online raksasa di China. Pada awalnya ia adalah sosok orang yang tidak mengusai bidang teknologi Internet. Ia pertama kali menggunakan internet pada tahun 1995 saat ingin mencari kata `beer` dan `China`. Tapi saat itu, Ma tidak menemukan hasil pencarian yang diharapkan melalui internet. Atas bantuan temannya di Amerika, ia membuat sebuah website yang bertujuan menawarkan jasa translate dari bahasa China. Melalui web sederhana tersebut, Jack Ma dapat membangun koneksi dengan banyak orang dan akhirnya menjadi inspirasi berdirinya Alibaba Group. Jack Ma merintis bisnis onlinenya dari sebuah apartemen kecil dengan koneksi jaringan internet yang lambat. Melalui situs Alibaba, pria yang memiliki dua orang anak ini menjadi penghubung antara eksportir China dengan para konsumen di seluruh dunia.

Alibaba Group kini tengah menjadi salah satu raksasa retail online terbesar dunia, di bawah Wall-Mart, namun lebih besar dari gabungan Amazon dan eBay.

Dengan pencapaian bisnis yang signifikan, tentu Jack Ma tidak mendapatkannya secara mudah. Ada berbagai strategi dan usaha ekstra yang dilakukan oleh Entrepreneur internet ini. Apa saja yang mendorong kesuksesan seorang Jack Ma dalam membangun bisnis toko onlinenya?

1. Memiliki Visi Besar dan Membangun Jaringan
Ketika merintis bisnisnya, Jack Ma memiliki keyakinan bahwa internet akan mampu menjembatani dunia bisnis, khususnya bagi warga China. Untuk mewujudkan visinya tersebut, Jack Ma membangun koneksi yang kuat, dimana awalnya ia menarik dana investasi dari teman-temannya.

2. Jeli Meneropong Peluang
Dibalik masalah besar ternyata kemungkinan ada peluang besar. Ketika Jack Ma mulai mendirikan bisnis e-commerce, ia melihat bahwa masalah utama yang sering dihadapi oleh pengusaha kecil di China kala itu adalah minimnya infrastrutur dan  pihak-pihak mentor yang menjadi jembatan bagi para pengusaha kecil. Dan akhirnya Jack Ma membaca lalu memanfaatkan kondisi tersebut menjadi peluang potensial.

3. Inovatif, Krearif dan Berpikir Unik
Orang-orang yang sukses dalam pencapaian finansial adalah orang-orang yang memiliki pemikiran kritis, kreatif, dan membuat hal-hal unik. Dan Jack Ma memiliki karakter tersebut.

4. Banyak Belajar dari Pihak yang Telah Sukses
Seperti halnya dengan Amazon dan eBay, Alibaba adalah sebuah perusahaan perdagangan di internet. Tapi yang membedakannya adalah Alibaba tidak benar-benar memiliki persediaan atau menjual barang. Perusahaan ini hanya menjadi perantara, sehingga mampu mengumpulkan komisi atas jasa-jasanya. Inilah salah satu model bisnis yang paling menguntungkan.

5. Memilih Nama Perusahaan yang Tepat
Nama bagi sebuah perusahaan harus diciptakan sebaik-baiknya, bahkan untuk jangka panjang. Apple. Facebook, Google, Microsoft; Uber, One Kings Lane, Fanatics, Starbucks, dan Whole Foods adalah beberapa brand perusahaan yang telah sukses. Sederhana tapi memiliki impresif yang kuat. Jack Ma mencetuskan memilih nama Alibaba pada tahun 2006 ketika sedang minum teh di sebuah kedai di San Francisco. Nama itu terinspirasi dari cerita Negeri 1001 Malam, yakni si Ali Baba yang berhasil mengecoh dan mengambil harta 40 orang pencuri. Karakter Ali Baba sangat sesuai dengan visi bisnisnya, yakni ingin menyulap kondisi perekonomian para pengusaha kecil menjadi sejahtera. Selain itu, pemilihan nama Alibaba karena sangat gampang diucapkan dan mudah diingat.

Belajar dari kisah sukses Jack Ma, membuktikan bahwa meski tidak punya keahlian internet bukan berarti tidak bisa sukses di bidang internet. Kesuksesan butuh usaha yang sungguh-sungguh. Jika memang kita sungguh-sungguh, pasti akan ada banyak jalan untuk mencapai kesuksesan. From zero to hero, mengawali bisnis dari nol dan sampai akhirnya bisa meraih kesuksesan.

Comments

Popular posts from this blog

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias . Dalam hal pemasaran, tokoh wirausaha yang sukses ini tak hanya memasarkan produknya di Indonesia. Budidaya tanaman hias baik itu pengertian dan teknik budidaya tanaman hias hingga tokoh Misalnya pada budidaya tanaman hias bonsai yang membutuhkan pot berukuran besar untuk menunjang akarnya. Biografi Wirausahawan Sukses Dibidang Tanaman Hias - Sketsa (Mitchell Pope) Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras keuletan ketekunan dan niat yang besar dalam. Memilih jenis tanaman hias yang akan populer. Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Ade sukamakan di daerah sukabumi yang menjadi seorang pengusaha kaya di zimbabwe. Menjadi seorang wirausahawa

Peluang Usaha Di Kampung

Peluang Usaha Di Kampung . Namun untuk usaha jenis jasa tentu saja Anda harus memiliki keahlian atau Apa saja paling laris di kampung? Disebut begitu karena sebagian besar pemudanya menerjuni dunia blogger. (Peluang Usaha) Buka Stand di Kampung Ramadhan Malang Raya ... (Frederick Wood) Kampung ini terkenal dengan penghasilan blogger yang sangat fantastis. Itulah peluang usaha dengan modal kecil kecilan sederhana yang menjanjikan di desa atau kampung, ide wirausaha yang cocok dengan skala rumahan. Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Online. Biasanya di daerah desa atau kampung, mayoritas penduduknya menekuni pekerjaan sebagai peternak. Ada banyak sekali ragam peluang usaha yang bisa dilakukan di kampung, bisa usaha sembarang atau usaha tanpa mengeikuti berbagai hal di lingkungan, ada juga usaha yang didasarkan pada wilayah, misalkan pegunungan maka banyak yang. Peluang Usaha Di Kampung Modal Mobil Pick Up - UMKM Jogja

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia . Pengusaha Indonesia tidak kalah keren dari pebisnis luar negeri. Semoga kita juga bisa termotivasi untuk menyusul mereka dalam mengembangkan bisnis dengan kerja keras. 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia - Cermati (Martin Hudson) Mereka memulai usahanya dari nol, tapi bisa meraih kesuksesan. Perempuan yang satu ini merupakan pendiri dan Managing Director restoran Burgreens. Sehingga tiap keluarga di indonesia harus memutar keras otak agar kebutuhan keluarganya terpenuhi seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia pekerjaan saat ini, termasuk bidang wirausaha. Berikut akan ditampilkan beberapa wirausahawan sukses yang bisa jadi panutan dan patut dicontoh oleh kita semua. Ternyata, Maicih tidak hanya di Bandung dan sekitarnya, tapi juga seluruh Indonesia. Sukses Adalah,Sukses Area,Sukses Muda, Sukses Wirausaha ... 7 Wirausaha