Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Bisnis rumahan merupakan salah satu alternatif usaha modal kecil. Dengan bermodalkan tempat di rumah sendiri, tentunya tidak memerlukan uang sewa tempat yang terkadang menyedot modal uang besar, seseorang dapat memulai usaha. Bagusnya lagi, ia bisa mengelola usaha sekaligus sambil tetap bersama keluarga. Ini sisi positifnya. Nah, peluang usaha bisnis rumahan ini akan makin meningkat di tahun 2011 ini seiring makin macetnya jalan-jalan khususnya di kota besar. Dan ini membuat pertumbuhan bisnis rumahan makin meningkat. Ada banyak usaha yang bisa dimulai dari usaha rumahan ini, seperti memulai bisnis laundry, membuka les privat, usaha kuliner, jasa design, bisnis online, tempat penitipan anak, pijat refleksi rumahan. Ini bisa dimulai dari rumah anda.

Dalam usaha bukan hanya uang yang dibutuhkan sebagai modal, tapi juga dibutuhkan modal selain uang. Di antaranya :

Modal dengkul he…he…he…modal kepercayaan, modal keuletan, modal keberanian, modal tampang he…he…he…modal bicara, modal kejujuran, modal suara merdu, modal fisik yang oke, dan lain-lain.

Jika anda minim modal uang, maka anda harus punya modal selain uang yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan usaha anda. Misalnya Anda banyak teman atau member, pandai promosi, pandai prospekting, jujur dan lain-lain. Sebab itu sangat dibutuhkan dalam dunia usaha.

Apa ada usaha dengan modal yang kecil tapi untung besar ? Ada….!!! Salah satu contohnya adalah Bisnis Online. Dalam bisnis online modal yang dibutuhkan tidak sebesar bisnis offline. Untuk lebih jelasnya Silahkan anda baca di halaman Bisnis Online.

Jadi intinya tidak selamanya usaha membutuhkan modal besar, tapi juga banyak usaha dengan modal kecil. Asalkan anda punya modal selain uang seperti yang saya sebutkan tadi.

Jika anda ingin sukses dalam usaha tanpa modal sedikitpun, entah itu modal uang atau selain uang, itu hanya ”mimpi”. Sebab tidak ada orang yang sukses dengan tanpa modal sama sekali.

Susu Kacang Kedelai

Peluang usaha susu kedelai masih terbuka lebar untuk siapa saja. Modal untuk usaha susu kedelai tidaklah besar. Anda cukup memiliki satu mesin susu kedelai, dan Anda bisa langsung memulai usaha Anda hari itu juga. Proses pembuatan susu kedeloai dengan mesin sangat mudah dan cepat. Hal ini berbeda sekali jika Anda menggunakan cara manual

Berdasarkan pengalaman salah satu teman, 1 kg kedelai bisa menjadi rata-rata 50-70 bungkus susu kedelai kemasan plastik. Satu bungkus dijual dengan harga Rp 1000 – Rp 2000 (tergantung dimana lokasi kota Anda). Anda bisa bayangkan, 1 kg kedelai saat ini harganya sekitar Rp 6-7 ribu. Profit dari usaha susu kedelai ini bisa Anda hitung sendiri

Usaha Studio Photo Mini

Sekarang makin banyak kamera digital yang dijual dengan harga murah, apalagi yang jenis pocket. Ini bisa menjadi peluang usaha kecil yang sangat menguntungkan bila kita tahu cara memanfaatkan peluang usaha modal kecil ini, seperti dengan membuka membuka studio photo kecil-kecilan atau studio photo mini, termasuk usaha cetak photo.

Apalagi kalau Anda sudah punya counter toko HP dan isi pulsa HP, Anda tinggal menambahkan saja usaha modal kecil ini.

Alat yang dibutuhkan :
-    Kamera digital (bisa diganti dengan HP berkamera)
-    Tripot
-    Komputer
-    Printer
  
Modal Kerja :
Kertas Photo A4 Rp. 800/lbr + tinta 500/lbr = Rp. 1.300/lbr

Harga Jual
1lbr A4 = 12 lbr ukuran 2R, jadi 12 x 1.000 = Rp. 12.000/lbr

Keuntungan
Rp. 12.000 - Rp. 1.300 = Rp. 10.700/lbr A4

Kalau toh, misalkan harga-harga kamera dan kertas naik, usaha cetak dan foto digital ini pun masih layak untuk dipertimbangkan.