Skip to main content

Peluang usaha keripik nanas



Buah nanas apabila dikonsumsi langsung daging buahnya sangat baik kandungan mineral dan vitaminnya bagi tubuh terutama kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada pada buahnya. Pengolahan buah nanas di dunia kuliner bervariasi contohnya dodol nanas, jenang nanas, manisan nanas, selai nanas, camilan kripik nanas, atau juga minuman sari buah.

Kripik nanas salah satu dari olahan buah nanas yang cukup digemari para pecinta makanan sehat. Makanan ringan ini dibuat langsung dari buah nanas yang sudah cukup matang. Adapun cara pengolahannya cukup sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.

Sedikit informasi mengenai cara pembuatan kripik nanas agar hasilnya bisa bagus antara lain mulai dari pemilihan buah nanas harus benar, buah dipilih dari yang sudah matang tetapi tidak boleh terlalu lembek daging buahnya karena terlalu matang. Dengan dipilih buah yang sudah matang maka akan dihasilkan rasa manis pada produk kripik nanas tanpa ada penambahan unsur manis dari luar.

Dari pemilihan buah yang baik selanjutnya dilakukan proses pengupasan hingga bersih dilanjutkan dengan perendaman pada air garam. Setelah itu buah diiris sesuai selera bentuk yang ingin dihasilkan dari kripik nanas, bisa bentuk bulat sesuai buahnya atau bentuk memanjang kebawah. Ketebalan tiap irisan diperkirakan kurang lebih 5 mm.

Cara Menggoreng Kripik Buah Nanas

Proses selanjutnya adalah mendinginkan buah pada Freezer sebelum dilakukan penggorengan agar hasilnya bisa baik. Pada waktu proses penggorengan dibutuhkan sekali alat penggorengan khusus buah buahan atau dinamakan Vacuum Friying.

Memang mesin penggoreng buah buahan dikenal cukup tinggi harganya dan juga apabila dilakukan dengan sistim penggorengan biasa atau tradisionil maka hasil dari kripik nanas akan hitam atau meleleh seperti jeli. Hal tersebut disebabkan karena kandungan glukose pada buah buahan sangat tinggi karena itu suhu temperatur tidak boleh terlalu tinggi ketika menggorengnya.

Pada penggorengan biasa cenderung suhu bisa tinggi hingga 100 derajat celcius bahkan lebih, dengan kondisi suhu kerja yang tinggi itu masih belum cukup untuk menghilangkan kadar air dalam buah, dan apabila hal tersebut diteruskan ketika proses menggoreng, maka hasil produksi kripik nanas akan gosong.

Dengan menggunakan alat Vacuum Friying suhu temperatur bisa diatur agar tidak terlalu tinggi dan selalu stabil ketika proses dilakukan, pada proses pemanasan pada mesin kripik buah tidak boleh lebih dari 85 derajat celcius agar hasilnya tidak gosong. Di dalam mesin ketika menggoreng buah, kandungan air dihisap keluar dari buah melalui mekanisme yang ada pada mesin penggoreng kripik buah tersebut.

Penirisan dan Pengepakan Kripik Nanas

Setelah cukup diperkirakan sudah matang maka makanan ringan kripik nanas dikeluarkan dari mesin Vacuum Friying kemudian ditiriskan atau dipisahkan dari minyak nabati yang menempel di kripik dengan menggunakan alat yang dinamakan mesin Spinner. Dengan alat peniris ini membuat hasil kripik buah nanas akan lebih sempurna karena kandungan minyak bisa hilang sepenuhnya dari kripik, hasilnya seolah tidak digoreng dengan minyak.

Selesai sudah urutan pengerjaan kripik nanas, tahap akhir yaitu pengemasan dan penyimpanan produk agar bisa tahan lama, disini dianjurkan apabila ingin membuat produk kripik nanas jadi tahan lama diharuskan menggunakan Packing Aluminium Foil Bag, jenis packing ini lebih padat pori porinya dari pada plastik sehingga daya tahan kripik nanas bisa lebih maksimal.


Comments

Popular posts from this blog

5 M Wirausaha

5 M Wirausaha . Wirausaha dapat menampung tenaga kerja dan mengurangi pengangguran a. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh - Majalah Suara 'Aisyiyah (Tony Ray) Materi & Pendekatan Program : Strategy Project. Wirausaha atau wirausahawan adalah profesi yang diminati. Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, oleh karena itu kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh kedepan. Ribuan gambar baru setiap hari Sepenuhnya Gratis untuk Digunakan Video dan gambar berkualitas tinggi dari Pexels. Mata Kuliah Kewirausahaan merupakan pelajaran yang membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuan mahasiswa mengenai seluk-beluk bisnis baik dari sisi soft skill. 1 - Kampung WIRAUSAHA

7 Karakteristik Wirausaha Adalah

7 Karakteristik Wirausaha Adalah . Sebab dengan menjadi wirausaha, Anda harus mampu memimpin diri. Anda tentunya tidak ingin situasi seperti itu menimpa usaha yang sedang digarap, kan? Artikel Kewirausahaan - nisalaili (Alexander Gilbert) Dalam hal ini adalah pada bisnis yang dijalankan sebagai seorang wirausaha. Seorang wirausaha memiliki karakteristik pada masing-masing pribadinya. Sadar atau tidak, hal yang paling pertama muncul adalah "Bagaimana ia bisa meraih kesuksesan itu?". Gairah adalah karakteristik lain dari wirausaha. Salah satu karakteristik wirausaha adalah pernah keluar dari perguruan tinggi. (PDF) Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Kejadian Stunting ... Karakter Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Wirausahawan ... 7 Ciri-ciri Jaringan Komputer: Bedah Karakteristik Uniknya

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia . Pengusaha Indonesia tidak kalah keren dari pebisnis luar negeri. Semoga kita juga bisa termotivasi untuk menyusul mereka dalam mengembangkan bisnis dengan kerja keras. 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia - Cermati (Martin Hudson) Mereka memulai usahanya dari nol, tapi bisa meraih kesuksesan. Perempuan yang satu ini merupakan pendiri dan Managing Director restoran Burgreens. Sehingga tiap keluarga di indonesia harus memutar keras otak agar kebutuhan keluarganya terpenuhi seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia pekerjaan saat ini, termasuk bidang wirausaha. Berikut akan ditampilkan beberapa wirausahawan sukses yang bisa jadi panutan dan patut dicontoh oleh kita semua. Ternyata, Maicih tidak hanya di Bandung dan sekitarnya, tapi juga seluruh Indonesia. Sukses Adalah,Sukses Area,Sukses Muda, Sukses Wirausaha ... 7 Wirausaha