Skip to main content

5 Tips Presentasi untuk Pebisnis Pemula


KOMPAS.com - Bagi kebanyakan dari kita, berbicara di depan umum bisa menjadi momok tersendiri. Namun bagi Anda sebagai pemilik bisnis, ini adalah salah satu skill dari sekian banyak keterampilan yang perlu Anda kuasai.
Berbicara di depan umum adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan konsep usaha, keunggulan barang atau jasa yang Anda tawarkan serta membangun brand awarreness. Tenang saja, dengan persiapan yang tepat public speakingakan berjalan dengan lancar. 

Di sini, ada lima langkah untuk mengasah kemampuan bicara Anda di depan umum agar percaya diri, terkoneksi dengan pendengar, dan yang paling penting tidak gugup.

1. Praktik 
Latihan memberikan perasaan nyaman dengan materi yang akan Anda sampaikan. Saraf- saraf Anda akan lebih kendur dan tak terlalu tegang jika memberikan presentasi di depan ibu, nenek, dan paling tidak enam teman terdekat Anda. Dengan latihan ini  Anda akan merasa lebih siap.

Langkah latihan berikutnya adalah berusaha melatih koneksi dengan audiens. Sebaiknya hindari berbicara dengan terus-menerus sambil membaca dari selembar kertas, karena pendengar tidak akan tertarik dan mudah bosan. Sebagai pendiri bisnis tak ada yang lebih menguasai bisnis Anda dari Anda. Ceritakan itu dengan santai, lakukan kontak mata, lemparkan lelucon (lakukan bila Anda memang memiliki sifat humoris), dan pastikan semua poin penting Anda tersampaikan dengan singkat dan padat. Selanjutnya berikan kesempatan mereka bertanya agar koneksi terjadi makin akrab.

2. Kenali situasi sekitar
Paling penting Anda harus membaca situasi tempat dan acara di mana Anda melakukan presentasi, misal dalam konferensi pers atau pesta koktail. Apakah Anda menggunakan mikrofon saat bicara? Apakah ada perlengkapan audio visual (AV)? Semakin baik Anda memahami lingkungan Anda, semakin Anda dapat berkonsentrasi berbicara di depan umum. Dan jika Anda menggabungkan aspek audio visual ke dalam presentasi Anda, jangan lupa aspek membangun koneksi dengan audiens pada poin satu.

3. Kenali audiens Anda
Poin ini bisa dibilang yang paling penting untuk urusan berkomunikasi. Nomor satu tujuan untuk setiap kesempatan berbicara di depan umum adalah untuk benar-benar terhubung dengan audiens Anda. Terlepas dari seberapa baik Anda mengatasi topik di tangan, jika orang tidak tertarik, itu tidak akan berhasil. Dan jika pesan Anda tidak sampai, apa gunanya? Bertanyalah pada koordinator acara sehingga Anda tahu siapa yang datang, dan kemudian sesuaikan gaya komunikasi Anda dengan audiens. Misalnya, pikirkan perbedaan saat harus berbicara dengan karyawan atau dengan mahasiswa. Gaya komunikasi tentu akan berbeda, kan?

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan, mengingat perkembangan pesat dunia digital, adalah penonton virtual yang mungkin berpartisipasi dalam acara tersebut? Apakah presentasi akan tayang streaming di media online? Apakah akan ada live tweet?

4. Menyesuaikan konten
Jika Anda telah mendirikan sebuah bisnis, dan Anda memiliki kesempatan berbicara pada konten lokakarya. Kini saatnya bicara tentang perusahaan Anda dan pengalaman Anda dalam industri. Tapi menghubungkan antara apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda bicarakan sering tidak mudah. Dalam kasus ini, ingatlah bahwa ketika Anda ingin menggunakan kesempatan berbicara untuk menarik perhatian audiens pada bisnis Anda, Anda juga tidak ingin terlalu terlihat seperti salesman. Jadi bagaimana caranya menemukan keseimbangan?

Nah, ingat bahwa Anda mewakili merek Anda, jadi jika Anda memberikan presentasi mengesankan, orang akan ingin tahu lebih banyak. Selama ada tempat yang mudah bagi mereka untuk menemukan Anda dan mengetahui apa yang Anda lakukan (alias, pastikan nama perusahaan Anda, website, dan Twitter tercantum dalam bahan presentasi atau program acara), koneksi akan terjadi secara alami.

Terakhir, salah satu manfaat terbesar dari berbicara di depan umum adalah menjadi peluang untuk memosisikan diri Anda sebagai seorang ahli, sehingga membuat diri Anda menjadi orang terpercaya untuk menjawab pertanyaan dan menyapa audiens sebelum dan setelah presentasi.

5. BernafasJangan lupa untuk mengatur nafas. Anda akan baik-baik saja!

sumber : Kompas.com

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Sukses Kripik Maicih

Dengan keterbatasan dana reza nurhilman membangun usaha , pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat promosi melalui dunia maya. Ia sangat jeli memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran.Reza nurhilman adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang sempat membuat heboh kawula muda kota kembang. Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih) Kreativitas dan inovasinya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu menaikkan derajat camilan tersebut menjadi makanan yang punya nilai jual lebih, dan menjadi produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional. Keberhasilan pria be...

Wirausaha Di Era Revolusi Industri 4 0

Wirausaha Di Era Revolusi Industri 4 0 . JagoanHosting merupakan layanan hosting yang bernaung di bawah PT. Saat ini seluruh dunia sedang dihadapkan pada perkembangan. MEDIA PEMBELAJARAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Catherine Richards) Bicara soal revolusi industri, sebagian besar dari lo pasti udah pernah belajar tentang revolusi industri di Inggris, kan? Mulai pengusaha milenial hingga womenpreneur dikupas habis dibuku ini. Koperasi harus mampu beradaptasi dan bertransformasi secara dinamis," ucap Rully pada acara penyerahan penghargaan Koperasi Berprestasi dalam rangka Hari Koperasi Tingkat Provinsi DI Yogyakarta. Saat ini seluruh dunia sedang dihadapkan pada perkembangan. Istilah yang sudah tidak asing di telinga masyarakat, istilah ini juga sudah banyak tertulis di media cetak maupun online. Tantangan Indonesia Persiapkan SDM Andal di Era Revolusi ... Kharis.Blo...

Cara Mencari Peluang Usaha

Bingung cari peluang usaha? mentok gali ide usaha? sudah saatnya semua pikiran itu anda buang jauh jauh. Sebuah gagasan ide dan kesempatan usaha bisnis dimana mana sama aja, intinya ada disekitar kita. Ada orang seliweran pakai mobil mewah karena kesuksesan usaha bisnisnya, andapun bisa seperti mereka atau bahkan bisa lebih kaya dari mereka, namun ada satu syarat yang harus di jalani yaitu “ Cari, Tangkap dan Kembangkan Peluang Usaha yang ada sekarang juga”. Namun kadang kendala mencari peluang usahanya adalah “dimana mana peluang usaha kok sepertinya cuma itu itu saja dan modalnya juga banyak yang besar”, misal saja usaha pom bensin, “ begh …! ya sementara jangan mikir usaha pom bensin dulu ya.. hehehe.. cari peluang usaha yang sekiranya anda mampu secara pikiran tenaga dan juga modal finansial saat ini, perkara kedepan nanti jika usaha anda maju dan banyak profitnya ga masalah anda mau buka pom bensin hehe amin amin … Tips bagaimana caranya mencari sebuah ide peluang u...