Skip to main content

Kisah Sukses Kripik Maicih


Dengan keterbatasan dana reza nurhilman membangun usaha, pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat promosi melalui dunia maya. Ia sangat jeli memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran.Reza nurhilman adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang sempat membuat heboh kawula muda kota kembang.

Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih)

Kreativitas dan inovasinya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu menaikkan derajat camilan tersebut menjadi makanan yang punya nilai jual lebih, dan menjadi produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional. Keberhasilan pria berusia 24 tahun ini dalam menggawangi Keripik Maicih dari nol sampai menembus omzet miliaran rupiah per bulan merupakan bukti bahwa kreativitas dan kerja keras merupakan kunci kesuksesan usaha.

Nama brand Maicih diambil dari kisah masa lalu yang selalu teringat olehnya, “Maicih itu terlahir waktu saya masih kecil. Biasanya, kalau saya dibawa mama ke pasar, suka ada ibu-ibu tua pake ciput dengan baju alakadarnya. Setiap belanja dia ngeluarin dompet, bonus dari toko emas yang ada resletingnya untuk masukin receh. Mama saya bilangnya itu dompet Maicih”.

Awalnya, pemasaran Maicih melalui teman-teman saja yang bertestimoni di media sosial twitter. Kemudian ia lebih fokus untuk memasarkannya. “Mereka yang sudah merasakan Maicih punya testimoni masing-masing. Jadi, saya tidak usah capek-capek promosi. Dengan Twitter, promosi seperti bola salju, terus membesar.” Ujarnya. Alasan pemasaran hanya melalui Twitter dan Facebook. Selain gratis, promosi di Twitter bisa menjadi gong karena kekuatan marketingnya dibuat orang-orang yang beli Maicih. Orang yang belum tahu Maicih akan bertanya dan mereka yang nge-tweet soal Maicih akan dengan antusias menjelaskan.

Strategi itu sukses. Keripiknya menjadi barang buruan. Konsumen harus mengantre berjam-jam demi mendapatkan keripik superpedas itu. Bahkan, antrean pernah memanjang hingga satu kilometer. Mereka rela mengantre walau hujan badai. Di setiap kota juga ngantre. Sekarang Jenderal-jenderal punya fans dan komunitasnya masing-masing.

Prinsip kelangkaan yang diterapkan MAICIH (Mak Icih), sebenarnya merupakan strategi persuasi yang sudah jamak. Namun anak muda ini pantas diacungi jempol, karena secara cerdik mengemasnya dalam kemasan gaya hidup teknologi masa kini. Komunikasi words of mouth, tersambung dengan jejaring sosial di internet, sesuai dengan sasaran pasarnya.

Taktik persuasi ini berrlandaskan prinsip sebuah produk yang langka akan lebih bernilai, karena orang semakin penasaran untuk memiliknya. Pengiklan menggunakan taktik ini untuk mendorong orang segera membeli dengan menggunakan kata-kata seperti persediaan terbatas, “kami tidak mempunyai stok lagi setelah hari ini”.

Mengapa orang penasaran? Teori psychological reactance mengatakan, manusia beraksi terhadap segala upaya yang dapat mengurangi kebebasan atau pilihan mereka. Ketika kebebasan dan pilihan itu menyempit, pilihan itu lebih diinginkan. Nah, tatkala produknya langaka, mereka menjadi lebih bernilai di benak konsumen. Tentu saja, daya tarik mengenai kelangkaan ini tidak selalu efektif. Kelangkaan Magnum, terlepas disengaja atau tidak, hanyalah bersifat sementara. Sekedar “menimbun” keinginan para wanita dewasa yang menjadi sasarannya, agar menggelembung. Setelah melewati masa tertentu, Magnum segera tersedia di sebagian besar kotak pendingin Walls.

Comments

Maicih sampai sekarang masih eksis aja ya, padahal udah hampir 5 tahun, sukses selalu deh buat empunya kang AXL29, karya besarnya Maicih semoga tetap jaya di pasar nasional.

Popular posts from this blog

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias

7 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses Dalam Bidang Budidaya Tanaman Hias . Dalam hal pemasaran, tokoh wirausaha yang sukses ini tak hanya memasarkan produknya di Indonesia. Budidaya tanaman hias baik itu pengertian dan teknik budidaya tanaman hias hingga tokoh Misalnya pada budidaya tanaman hias bonsai yang membutuhkan pot berukuran besar untuk menunjang akarnya. Biografi Wirausahawan Sukses Dibidang Tanaman Hias - Sketsa (Mitchell Pope) Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras keuletan ketekunan dan niat yang besar dalam. Memilih jenis tanaman hias yang akan populer. Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Ade sukamakan di daerah sukabumi yang menjadi seorang pengusaha kaya di zimbabwe. Menjadi seorang wirausahawa

Peluang Usaha Di Kampung

Peluang Usaha Di Kampung . Namun untuk usaha jenis jasa tentu saja Anda harus memiliki keahlian atau Apa saja paling laris di kampung? Disebut begitu karena sebagian besar pemudanya menerjuni dunia blogger. (Peluang Usaha) Buka Stand di Kampung Ramadhan Malang Raya ... (Frederick Wood) Kampung ini terkenal dengan penghasilan blogger yang sangat fantastis. Itulah peluang usaha dengan modal kecil kecilan sederhana yang menjanjikan di desa atau kampung, ide wirausaha yang cocok dengan skala rumahan. Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Online. Biasanya di daerah desa atau kampung, mayoritas penduduknya menekuni pekerjaan sebagai peternak. Ada banyak sekali ragam peluang usaha yang bisa dilakukan di kampung, bisa usaha sembarang atau usaha tanpa mengeikuti berbagai hal di lingkungan, ada juga usaha yang didasarkan pada wilayah, misalkan pegunungan maka banyak yang. Peluang Usaha Di Kampung Modal Mobil Pick Up - UMKM Jogja

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia

5 Wirausahawan Sukses Di Indonesia . Pengusaha Indonesia tidak kalah keren dari pebisnis luar negeri. Semoga kita juga bisa termotivasi untuk menyusul mereka dalam mengembangkan bisnis dengan kerja keras. 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia - Cermati (Martin Hudson) Mereka memulai usahanya dari nol, tapi bisa meraih kesuksesan. Perempuan yang satu ini merupakan pendiri dan Managing Director restoran Burgreens. Sehingga tiap keluarga di indonesia harus memutar keras otak agar kebutuhan keluarganya terpenuhi seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia pekerjaan saat ini, termasuk bidang wirausaha. Berikut akan ditampilkan beberapa wirausahawan sukses yang bisa jadi panutan dan patut dicontoh oleh kita semua. Ternyata, Maicih tidak hanya di Bandung dan sekitarnya, tapi juga seluruh Indonesia. Sukses Adalah,Sukses Area,Sukses Muda, Sukses Wirausaha ... 7 Wirausaha